Call for Papers – Bunga Rampai ForMIND 2017 – Membangun Indonesia dengan Ilmu Pengetahuan dan Keberagaman

1. Pendahuluan

Sebagai salah satu upaya merealisasikan misi ForMIND sebagai forum komunikasi para peneliti muda Indonesia, pada tahun 2017 ini ForMIND kembali akan meluncurkan Buku Bunga Rampai ForMIND . Untuk itu, ForMIND mengundang seluruh peneliti muda Indonesia yang ada di dalam negeri maupun luar negeri baik yang sedang kuliah pada Program Master dan Doktor ataupun yang menjadi dosen/peneliti di perguruan tinggi/universitas/pusat penelitian/lembaga kajian pemerintah dan organisasi non-pemerintah yang berasal dari berbagai bidang/disiplin ilmu untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi makalah dalam buku yang berjudul “Bunga Rampai ForMIND 2017 – Membangun Indonesia dengan Ilmu Pengetahuan dan Keberagaman”.
Buku ini merupakan kumpulan berbagai tulisan/pengalaman baik yang bersifat mendasar (fundamental), teoritis dan praktis/aplikatif termasuk berbagai kreativitas dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, seni serta demografi/humaniora di Indonesia untuk dapat dijadikan referensi alternatif dalam menyelesaikan masalah-masalah dan rekomendasi lainnya terkait dengan lingkungan, sumber daya alam, pembangunan, pengembangan teknologi, kebencanaan, fenomena cuaca, kelautan, kehutanan, pertanian, teknologi informasi, komputer, manufaktur, keanekaragaman hayati,  pangan, enerji, nano teknologi, obat-obatan (farmasi), kedokteran, kesehatan masyarakat, sosial, ekonomi, budaya, penegakan hukum, politik dan bidang lainnya.

Buku ini juga akan mencerminkan status pemanfaatan dan pengembangan IPTEK di berbagai bidang termasuk pencapaian-pencapaiannya di Indonesia. Buku ini diharapkan tidak hanya menjadi referensi bagi para peneliti muda Indonesia saja tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh akademisi, pemerintah, industri bahkan masyarakat awam sekalipun.  Makalah-makalah yang tercakup dalam buku ini ditulis secara semi-ilmiah atau semi populer untuk memberikan kemudahan bagi pembaca yang berasal dari latar belakang ilmu yang berbeda. Dengan demikian diharapkan buku ini akan mendorong terjadinya komunikasi dan relasi antar individu-individu dari multi-disiplin ilmu untuk bekerja sama menghasilkan sebuah karya tulis yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

ForMIND secara berkala akan menerbitkan Buku ini setiap tahun yang dievaluasi oleh beberapa pakar dari ForMIND dan akan didistribusikan secara elektronik khususnya kepada jejaring ForMIND yang ada di seluruh provinsi di Indonesia. Buku akan dicetak oleh Penerbit ITB dan terdaftar dalam perpustakaan nasional (ber-ISBN), dan siap untuk dipublikasikan dalam bentuk e-book pada 28 Oktober 2017. Informasi lengkap dapat diakses pada bit.ly/formind-2017.

2. Topik/Tema

Buku Bunga Rampai ForMIND terdiri atas beberapa Bab dengan tema/topik sebagai berikut (dan tidak menutup kemungkinan tambahan topik yang lainnya):

  1. Trend umum dan status perkembangan dan pemanfaatan IPTEK di Indonesia dalam berbagai bidang;
  2. Kependudukan, Sosial dan Seni-Budaya;
  3. Ekonomi, Kemiskinan, Penegakan Hukum dan Politik;
  4. Nano Teknologi;
  5. Pertanian, Kehutanan dan Keanekaragaman Hayati;
  6. Genetika dan Molekuler;
  7. Kedokteran dan Obat-obatan;
  8. Kesehatan Masyarakat;
  9. Teknologi dan Pengembangan Sumber Pangan;
  10. Air dan Pengolahan Air Limbah;
  11. Sumber Daya Energi dan Konservasi Energi
  12. Lingkungan dan Manajemen Bencana;
  13. Industri Manufaktur;
  14. Pengembangan Kota dan Pariwisata;
  15. Desa Binaan;
  16. Kelautan dan Wilayah Pesisir;
  17. Pendidikan dan Pelatihan;
  18. Teknologi Informasi.

3. Tata Cara

Ada 2 tahapan yang akan dilakukan dalam proses seleksi makalah, yaitu tahapan pengiriman MAKALAH LENGKAP dan tahapan EVALUASI MAKALAH LENGKAP. Bagi yang berminat dapat mengirimkan MAKALAH LENGKAP nya dalam bahasa INDONESIA. Jika makalahnya dinyatakan diterima maka tahap selanjutnya adalah evaluasi (review) makalah. Evaluasi makalah dilakukan oleh para pakar dengan latar belakang yang sesuai dengan topik/tema. Makalah yang dikembalikan untuk direvisi hanya makalah yang secara substantif/konten masih belum jelas sedangkan makalah yang hanya mengandung kesalahan redaksional akan langsung diterima.

Pengajuan makalah dapat dilakukan dengan mengirim makalah kepada alamat email wikantika.ketut(at)gmail(dot)com dan CC ke fennymd(at)yahoo(dot)com, karliameitha(at)gmail(dot)com, htombayu(at)gmail(dot)com.

4. Format Makalah

Format makalah mengikuti FORMAT STANDAR/TEMPLATE yang dapat diakses pada http://bit.ly/format-makalah.

5. Tanggal Penting

Penerimaan Makalah Lengkap: 1 Juli – 15 September 2017
Pengembalian makalah yang harus direvisi:  16 September 2017
Akhir pengiriman hasil revisi makalah:  5 Oktober 2017
Buku rencananya akan dicetak dan siap untuk dipublikasikan dalam bentuk e-book:  28 Oktober 2017

Tim Editor

Ketut Wikantika
Wiratni Budhiharjo
Fenny M. Dwivany
Lissa Fadjri
Meitha Karlia
Tombayu Amadeo Hidayat
Deni Suwardhi
Husna Nugrahapraja

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *